Rabu, Februari 22, 2012

Ayo Mengenal Freewriting Style

Judul di atas merupakan judul bab ssebuah buku yang mengajarkan bagaimana meningkatkan kemampuan otak dengan menulis. saya tertarik untuk mengenal jenis style ini bukan karena tertarik karena ada hubungannya dengan otak, tetapi karena akhir-akhir ini saya lagi seneng menulis segala hal. oleh karenanya saya coba untuk mengenal gaya menulis yang satu ini. (sekalian belajar ngetik 6jari ^_^)

 "Freewriting itu" adalah proses menulis tampa jenti, tampa proses edtingn tanpa cemas tentang penggunaa kosa kata atau tanda baca, tampa berpikir serius dan dilakukan dalam kondisi santei. freewriting tidak menggunakan pikiran bawah sadar. sebaliknya, yaitu kamu menulis apapun yang terlintas di otak kamu dalam keadaan sadar. bagaimana caranya menuang apapun yang terlintas di otak anda kalau anda tidak menggunkan oatak itu?

Freewriting membutuhkan kecepatan dan disiplin. anda harus menuangkan gagasanmu dalam bentuk tulisan secepat mungkin sebelum ide yang bercokol dalam otakmu hilang. Dengan menulis cepat ritme otak menjadi siaga dan itu artinya kamu menjadi lebih mudah dalam menuangkan gagasan dalam bentuk rangkaian kata2. 

Menulis cepat tidak identik dengan menulis ngawur. yang benar adalah cepatlah menlis ketika ide masih hangat-hangatnya.yang kedua adalah tulislah dengan ritme yang teratur-hindari berhenti di tengah jalan. alasan berhenti adalah ketika ide sudah tertuang semua dan anda ingin istirahat agar otak mendapat ide tambahan. hal yang harus di ingat pada tahap awal ini adalah: carilah kuantitas bukan kualitas. tuliskah sebanyak yang kamu bisa. bersambung di post selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar